Episode Museum Affandi Yogyakarta

Oke gaes, perkenalkan nama inyong atau biar lebih gaul nama gue adalah Dyah Ayu Kartika Dewi yang super cantik ditambah jelita dengan senyum menawan sepanjang masa, panggil aja Tika :-) hehe
Kali ini kaka #yakali bakal mendongengkan tapi kalian baca sendiri harus wajib dan kudu disini mengenai *jeng jeng*


MUSEUM AFFANDI

Dimulai dari dimanakah lokasinya?
Museum ini berada di Jl. Laksda Adisucipto 167, Yogyakarta 55281, Indonesia
phone: (0274) 562 593. ini ada disebelah mana? deket sama UIN, UIN itu dimana?  UIN itu disini *tunjuk hati* #eaa :p *skipskip*. pokoknya museum ini ada di Kota Yogyakarta kalo kalian mau kesini dan seandainya nyasar coba hubungi nomor diatas minta petunjuk sama petugasnya, jangan minta Ayam karna ini bukan KFC, oke? hehe

Next, ada apa sih di Museum Affandi?
Museum affandi adalah seluruh bagian dari kehidupan Affandi sebagai maestro seni lukis. Di wilayah tepi sungai Gajah Wong itu, Affandi hidup, berkarya, mentransformasikan ilmunya dan bersemayam di rumah abadinya. Keren banget kan? Jelas, anaknya siapa dulu? hahha Anaknya bapaknya kok, bukan anak gue --"

Museum Affandi yang terletak di pinggir sungai Gajah Wong, atau di Jalan Laksda Adisucipto Nomor 167 Yogyakarta (Jalan Solo Km 5,1) adalah museum yang menyimpan hasil karya pelukis Affandi. Museum ini menempati lahan seluas 3.500 m2 yang terdiri atas bangunan museum yang terdiri dari empat galeri beserta bangunan pelengkap seperti tempat pembelian tiket, dua studio, dan bangunan rumah tempat tinggal pelukis Affandi dan keluarganya. Rumah Affandi ini mempunyai atap berbentuk daun pisang, dan terdiri dari dua lantai dengan lantai bawah untuk ruang tamu dan garasi sedangkan lantai atas yang sebagai kamar pribadi Affandi. Sekarang rumah ini berfungsi menjadi CafĂ© Loteng yang dapat dikunjungi pengunjung. Pembangunannya dilakukan secara bertahap serta dirancang sendiri oleh Affandi.
Selain 300 karya lukisan Affandi sendiri, dalam museum ini juga tersimpan lukisan dari para pelukis Indonesia lainnya, antara lain: Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Sudjojono, Hendra Gunawan, Barli, dan Muchtar Apin. Selain itu terdapat patung karya Amrus Natalsya, dan cukil kayu poles karya keluarga Tjokot.

Ada empat gallery di dalam kompleks museum, ruang pertama berisi koleksi lukisan Affandi yang dilukis pada awal karirnya, kemudian ruang kedua berisi lukisan yang tergolong mahal dan banyak diincar banyak kolektor. Eits semua lukisan Affandi tidak diperjualbelikan lho, pengunjung hanya bisa menikmati keindahan warna di setiap kanvas saja. Gallery ketiga berisi koleksi lukisan hasil karya anak-anak perempuan beliau yang bernama Kartika dan Rukmini. Tak ketinggalan juga Gallery Gajah Wong yang memamerkan hasil karya anak Kartika yang tak lain cucu Affandi bernama Didik. Menarik kan?

Alamat : Jalan Laksda Adisucipto 167
Museum Affandi buka mulai pukul 09.00 – 16.00 dengan harga tiket masuk 20.000. Recomended banget buat loe-loe semua yang memiliki selera seni yang gaul abis buat dateng ketempat satu ini. Buat yang sendii kaya gue juga bisa, lumayan buat cuci mata liatin lukisan lukisan Sang Maestro dunia asal Indonesia. ASLI!!

                                                        Affandi (1907 – May 23, 1990)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Episode Wayang Srikandi

Episode The Puppet Shadows Play (Pagelaran Wayang Kulit)

Episode Makam Raja Mataram