Episode Klenteng Sam Poo Kong

Assalamualaikum, halo wanderers lama tak menulis, kali ini saya berbagi informasi mengenai salah satu tempat wisata budaya di Semarang, yang mugkin lebih dikenal dengan nama Klenteng Sam Po Kong.

Tulisan kali ini dibuat guna memenuhi Tugas kuliah "Sejarah Kebudayaan Indonesia".
Alasan saya memilih klenteng sam po kong untuk diulas karena menurut saya adanya klenteng sam po kong ini cukup unik dimana klenteng sam po kong yang merupakan salah satu klenteng tertua di Indonesia yang masih berdiri kokoh dan masih terwat dengan sangat baik. Berikut beberapa informasi dan ulasan yang dapat saya tulis berdasarkan pengalaman dan mungkin beberapa refensi dari berbagai blog. HAPPY READING

KELNTENG SAM POO KONG SEMARANG

SEJARAH
kelnteng sam po kong merupakan salah satu bentuk wisata budaya yang merupakan salah bentuk dari budaya yang diadaptasi dari china, tiongkok. dimana pada masa lalu klenteng ini merupakan tempat persinggahan laksamana Cheng ho seorang penjelajah asal tiongkok yang beraga islam.
kelnteng sam po kong sudah cukup terkenal dimanca negara dimana klenteng ini cukup unik diamana bangunan ini sangat kental dengan budaya tiongkok namun bernuasa budaya muslim pula. Bangunan inti dari klenteng ini adalah sebuah gua batu yang dipercaya sebagai tempat awal mendarap dan markas dari laksamana Cheng ho berserta anak buahnya saat berkunjung ke pulau jawa dan didalamnya terdapat patung yang dipercaya sebagai patung Sam Poo Tay Djien atau laksamana cheng ho disini juga terdapat makan dari orang kepercayaan laksamana cheng ho serta altar yang pada saat ini tempat ini digunakan sebagai tempat berziarah. klenteng ini mulai dibangun pada tahun 1700-an, Yang kemudian pada bulan oktober pada tahun 1724 diadakan upacara besar besaran guna mengucapkan rasa terimakasih kepada Laksamana cheng ho sekaligus pembangunan kuil. Pada tahun 1879 atau tahun kelima Guang Xu, kawasan Simongan dibeli oleh Oei Tjie Sien. Oei Tjie Sien merupakan ayah dari Oei Tiong Ham, penderma yang juga dikenal sebagai Raja Gula Indonesia. Sejak saat itu, para peziarah dapat bersembahyang di kuil Gedong Batu tanpa dipungut biaya apapun dan urusan pengurusan kuil diserahkan kepada Yayasan Sam Po Kong setempat. Pawai Sam Po Kong itu dihidupkan kembali pada tahun 1937 dan terus menjadi daya tarik hingga sekarang.

LOKASI, AKSES, HARGA TIKET
Jarak tempuh klenteng ini dari bandara Ahmad Yani relatif dekat. Berada di Jalan Simongan, Semarang - jawa tengah. Apabila Wanderers memilik untuk naik taksi hanya memakan waktu sekitar 15 menit. Jika dari arah barat kota Semarang dan menggunakan transportasi bis umum, ada banyak armada yang melewati klenteng ini, salah satunya bis jurusan Mangkang-terminal Terboyo. Kemudian dari Magelang, Jogja, Solo dan sekitarnya, setelah masuk kota Semarang, wanderers bisa memilih, mau menggunakan bis jurusan Mangkang, atau angkot jurusan Pasar Karang Ayu, atau Manyaran. Dan yang dari arah timur Kota Semarang, bis jurusan terminal Terboyo-Mangkang adalah pilihan paling tepat. Wanderers bisa juga memanfaatkan transportasi kereta api, turun di stasiun Poncol di Semarang, dan setealh itu bisa memilih naik taksi, bis, atau angkot. 

tranportasi udah dan kemudian arga tiket, untuk mengunjungi klenteng ini wanderer gak perlu untuk mengeluarkan uang banyak, untuk perkir motor Rp. 3000-, dan mobil sekitar Rp. 5000-,. harga tiker masuk saaat saya berkunjung kesana sekitar Rp. 10.000-,/orang. 

PETA
KEUNIKAN
Hal yang paling terlihat dari keunikan dari klenteng sam po kong adalah bentuk bangunananya dimana Bentuk bangunan klenteng merupakan bangunan tunggal beratap susun. Berbeda dengan tipe klenteng yang lain, klenteng ini tidak memiliki serambi yang terpisah. Pada bagian tengah terdapat ruang pemujaan Sam Po. Komplek Klenteng Sam po Kong terdiri atas sejumlah anjungan yaitu Klenteng Besar dan gua Sam Po Kong, Klenteng Tho Tee Kong, dan empat tempat pemujaan (Kyai Juru Mudi, Kayai Jangkar, Kyai Cundrik Bumi dan mbah Kyai Tumpeng). Klenteng Besar dan gua merupakan bangunan yang paling penting dan merupakan pusat seluruh kegiatan pemujaan. Gua yang memiliki mata air yang tak pernah kering ini di percaya sebagai petilasan yang pernah ditinggali Sam Po Tay Djien (Zheng He). Kemudian ada juga tempat pemujaan Kyai Cudrik Bumi yang dulunya digunakan sebagai tempat penyimpanan segala jenis persenjataan yang digunakan awak kala Cheng Ho dan tempat penyimpanan makanan. Pada saat ini tempat ini ditujukan untuk berziarah serta sembayang makan tidak banyak orang yang boleh memasuki bangunan dalam kuil hanya yang bermaksud untuk bersembahayang yang diperbolehkan masuk sedangkan wisatawan yang berkunjung bisa melihat dibalik pagar yang menglilingi bangunan kuil.

PESAN KESAN
menurut saya keberadaan kuil sam po kong sangat menarik ditengah tengah perkembangan kota semarang kuil ini masik terlihat bagus, berdiri dengan kokoh. namun pada saat berkunjung kesana saya memiliki beberapa kesilutan diantaranya saya kesulitan untuk mecari informasi dari beberapa bangunan atau gambar serta patung dan koleksi di Klenteng sam po kong ini dan sepertinya saya juga tidak menemukan tour guide untuk menangakan mengenai sejarah sam po kong ini. Dari berbagai kekurangan itu berbagai fasilitas dan sarana yang dimiliki klenteng sam po kong sudah cukup baik, bersih dan rapih. Bagi wanderer yang berkunjung ke kota Semarang kalian harus berkunjung ke klenteng ini bangunan yang indah denga berbagai ornamen uniknya bisa kalian nikmati dan mengambil foto disini. Dan lokasi sam po kong juga lumayan strategi untuk dikunjungi dijamin foto yang akan kalian upload di social media akan mendapat respon dan komentar yang positif. jadi tunggu apa lagi, jalan jalan di indonesia dengan sensasi seperti di negeri tirai bambu.



SUMBER
google.com
indotravelguides.com
seputarsemarang.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Episode Wayang Srikandi

Episode The Puppet Shadows Play (Pagelaran Wayang Kulit)

Episode Makam Raja Mataram